Tentang Bahagia

12 09 2012

Bahagia itu, menurut saya adalah suatu investasi. Karena bahagia itu sesuatu yang kita lakukan saat ini, dan mungkin baru akan kita rasakan jauh ke depan, mungkin lama dari sekarang.

Sudah banyak kali kita dengar bahwa hidup ini penuh dengan pilihan. Bahkan hidup itu sendiri adalah suatu pilihan. Setiap detik, setiap saat, kita diharuskan untuk mengambil suatu keputusan, menentukan sebuah pilihan. Keputusan yang kita buat atau pilihan yang kita ambil saat ini pasti mempertimbangkan rasa bahagia yang ingin kita dapatkan dan rasakan. Saya pikir tidak da orang yang sengaja memilih untuk tidak bahagia. Kalau ada suatu pilihan yang kita tahu akan membuat kita tidak bahagia, sudah pasti akan kita singkirkan jauh-jauh kemungkinan itu. Tidak akan kita pilih. Akan kita buang kalau bisa supaya tidak akan pernah ada di hadapan kita lagi. Tapi pertanyaannya, apakah saat kita tentukan pilihan itu, kita pasti akan rasakan bahagianya saat itu juga? Belum tentu bukan? Tapi pilihan itu kita ambil anyway. Kenapa? Karena kita tahu, in the long run, kita akan merasa bahagia atas pilihan tersebut. Jadi betul bukan, bahagia itu merupakan suatu investasi.

Saya berani jamin, seburuk apapun keadaannya saat ini, sepahit apapun rasanya sekarang, pasti akan tetap kita pilih untuk jalani, kalau kita yakin bahwa di ujung jalan sana, ada rasa bahagia yang menunggu kita. Kadang bahkan kita tidak tahu kapan bahagia itu akan datang. Kita sulit untuk melihat terang di akhir perjalanan kita. Dan terus menerus kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang menuntut kita untuk mengambil salah satu dan meninggalkan yang lainnya. Dan terus menerus pula kita akan buat keputusan itu, kita ambil satu pilihan yang kita percaya akan membawa kita ke rasa bahagia itu at the end. Keburukan demi keburukan, kepahitan demi kepahitan akan terus kita pilih demi mengejar bahagia. beberapa orang mungkin beruntung dimana setiap pilihan yang mereka buat, bisa langsung mendatangkan rasa bahagia. Tapi tidak semua orang sebegitu beruntungnya. Pilihan tetap harus dibuat demi investasi atas rasa bahagia itu pastinya.

Jadi saya sudah mendeskripsikan apa itu bahagia, paling tidak menurut pendapat saya. Ada satu hal lagi yang penting mengenai bahagia. Bahagia itu, bukan cuma saat kita bahagia. Sudah sering saya merasa bahagia karena orang lain bahagia. Nah, ini menjadi penting, karena sekarang kita juga tahu bahwa pilihan yang kita tentukan dalam rangka investasi bahagia itu bisa jadi karena kita ingin melihat orang lain bahagia. Karena kalau dia bahagia, saya pun jadi bahagia. Dan itu menjadi alasan yang cukup untuk saya melakukan apa yang saya lakukan. Memilih apa yang saya pilih.

Having said all of the above, ini adalah rangkuman saya. Bahagia itu adalah suatu investasi. Mungkin tidak bisa kita rasakan sekarang, tapi setiap pilihan yang kita tentukan adalah jalan menuju kesana. Bahagia akan kita rasakan saat investasi tersebut jatuh tempo. Dan bahagia bukan cuma saat hati kita senang, tapi bisa juga saat orang yang kita cintai merasa bahagia. So, let’s make our choices always with a smile. Because happiness awaits us there.


Actions

Information

2 responses

27 11 2012
SITI FATIMAH AHMAD

Assalaamu’alaikum wr.wb, Amanah…

Menyebut tentang bahagia, bunda setuju ia adalah satu investasi yang menjadi tumpuan manusia untuk memperolehinya dalam apa bentuk yang diingini.

Bahagia itu tidak ada di mana-mana tetapi ada di hati kita. Kitalah yang membuat diri kita bahagia atau menderita hasil dari apa yang kita ingin kerjakan.

Kebahagiaan hakiki adalah meletakkan seluruh kecintaan kita kepada Allah swt, sumber kebahagiaan manusia.

Salam bahagia selalu buat Amanah dari bunda di Sarikei, Sarawak.😀

28 05 2013
simawarkuning

Betul bunda. Terima kasih untuk sharing nya. Salam bahagia untuk bunda dan keluarga juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: