Kancil dan Gajah

23 05 2013

Salah satu cerita yang saya bawa dari jaman saya kecil. Dan terbukti my babies suka juga rupanya. Simak yuk.

sang+kancil+dan+gajah

Suatu hari si Kancil bangun kesiangan. Ketika dia bangun, perutnya sudah mulai berbunyi tanda dia sudah sangat kelaparan. Cepat-cepat dia berlari-lari untuk mencari makan di hutan. Karena sudah sangat lapat, Kancil tidak berhati-hati sewaktu dia berlari. Dan tiba-tiba….

BYUURRR…. Kancil tercebur di sebuah sumur. “Aduh, bagaimana ini? Bagaimana saya bisa keluar dari sumur ini?” tanya si Kancil kebingungan. Kancil mencoba untuk memanjat sumur itu, tapi terlalu licin, dan dia langsung terjatuh lagi ke dalam sumur. Dia mencoba untuk melompat, tapi sumurnya terlalu dalam sehingga dia tidak bisa sampai ke atas.

Ketika si Kancil sedang kebingungan dan juga kelaparan, datangkan seekor Gajah. Gajah melihat Kancil yang ada di dalam sumur. Lalu Gajahpun bertanya, “Hai Kancil! Apa yang sedang kamu lakukan di sana?”

“Ssssttt…. Jangan teriak-teriak Gajah,” kata Kancil.

“Kenapa?” Gajah pun bertanya kebingungan.

“Sssttt…. pelan-pelan. Lihat, sebentar lagi langit akan runtuh. Coba kamu lihat ke atas.” kata Kancil lagi.

Mulanya Gajah tidak percaya pada omongan Kancil. Tapi ketika dia melihat ke atas, dia melihat bahwa awan di langit bergerak-gerak cepat. Gajah tidak tahu bahwa awan memang selalu bergerak apabila tertiup angin. Gajah pun ketakutan dan bertanya pada Kancil, “Hai Kancil, biarkan aku bersembunyi di sumur ini bersama kamu.”

Kancil menjawab, “Jangan Gajah. Di sini sudah sempit. Tidak ada tempat untuk kamu. Kamu cari saja tempat lain untuk bersembunyi.”

Tetapi Gajah yang sudah sangat ketakutan menjawab, “Bagaimana kalau kamu saja yang keluar dan mencari tempat lain. Saya sembunyi di sini.”

Kancil pura-pura berpikir keras dan akhirnya menjawab, “Ayo, kamu ulurkan belalaimu dan angkat aku dari dalam sumur ini.”

Gajah pun melakukan apa yang diminta oleh Kancil. Dia mengulurkan belalainya ke dalam sumur dan mengangat Kancil keluar dari sumur itu. Setelahnya Gajah pun masuk ke dalam sumur dan bersembunyi.

Ketika Gajah sudah masuk ke dalam sumur, Kancil pun tertawa dan berkata kepada Gajah, “Hai Gajah, terima kasih sudah mengeluarkan aku dari dalam sumur. Sekarang aku bisa bebas mencari makan. Selamat bersembunyi di dalam sana ya.”

Kancil pun berlari lagi sambil tertawa-tawa. Dan Gajah mulai menyadari betapa bodohnya dia yang udah dibohongi oleh Kancil yang cerdik dan iseng itu.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: